Skip navigation

Pada dasarnya SPAM tidak dapat kita hapus, tetapi ada beberapa cara yang dapat mengatasi masuknya SPAM. Sampai saat ini,belum ada satupun cara untuk menghilangkan SPAM, yang ada adalah mengurangi SPAM. Cara yang banyak digunakan saat ini adalah mengotomatisasikan proses pemilahan antara e-mail SPAM dan yang bukan SPAM dengan menerapkan teknologi filter.

Adapun hal-hal lain yang dapat membantu mengurangi SPAM adalah :

1. Jika mungkin, gunakan e-mail lain (selain e-mail untuk bisnis) sewaktu berkorespondensi untuk hal-hal di luar bisnis, misalnya mailing list. Banyak penyebar SPAM yang menggunakan alamat dari mailing list untuk melancarkan aksinya.

2. Aktifkan anti-virus dan personal Firewall pada PC. Kebanyakan SPAM pada saat ini yang mengandung virus atau Trojan yang dapat menggangu sistem pada PC dan jaringan. Biasanya, program Trojan tadi digunakan untuk menyebarkan e-mail SPAM ke alamat lain yang tercantum pada address book.

3. Aktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada server e-mail. Cara ini untuk memastikan bahwa e-mail server kita tidak dijadikan sasaran untuk tempat transit e-mail SPAM. Untuk mengetahui apakah mail server kita menerima relay dapat dicek melalui http://www.abuse.net/relay

4. Gunakan fitur dalam program e-mail yang dapat mengelompokkan e-mail. Program e-mail seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird dapat mengelompokkan e-mail seperti mengelompokkan e-mail dari internal, dari rekanan dan sebagainya. Dengan pengelompokan ini, walau tidak mengurangi SPAM sama sekali, kita dapat melakukan prioritas dalam membaca e-mail, dan e-mail yang penting tersebut tidak tercampur baur dengan SPAM e-mail.

Spam itu adalah pesan yang di kirim ke banyak tujuan dengan isi yang sama dan di kirim ke orang lain yang tidak ingin menerimanya dengan kata lain orang yang di kirimi spam tidak tahu siapakah pengirim pesan tersebut dan tidak merasa menginginkan berita tersebut ataupun tidak merasa meminta informasi yang ada di dalam berita itu.
Bagaimanakah spamer mendapatkan targetnya untuk dikirmi spam?????
Biasanya spam mengambil daftar email yang akan dia kirimi dari sebuah mailing list, atau juga dengan mencari dari sebuah alamat website.

Cara kerja sebuah spam …

misalnya kata “MODAL”
seorang spamer pasti mengakali kata viagra itu agar tidak terdeteksi oleh anti spam dengan berbagai cara misalnya menggunakan tag html seperti di bawah ini

<table border=”1″ width=”9%” height=”63″>

<tr>

<td width=”16%” height=”57″>M<br>i</td>

<td width=”16%” height=”57″>O<br>k</td>

<td width=”17%” height=”57″>D<br>l</td>

<td width=”17%” height=”57″>A<br>a</td>

<td width=”17%” height=”57″>L<br>n</td>

</tr>

</table>
berarti huruf yang anti spam baca sesuia dengan urutan nya adalah
M i Ok D l A a L n.

padahal yang kita baca adalah
MODAL
iklan

Mudah bukan….

Artikel yang berhubungan:
Pengertian spam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: