Skip navigation

PENGERTIAN FTP

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.

Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.
Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :
• Untuk tujuan sharing data
• Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
• Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
• Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Keamanan FTP

FTP sebenarnya cara yang tidak aman dalam mentransfer suatu file karena file dikirimkan tanpa di-enkripsi terlebih dahulu tetapi melalui clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format binary. Secara default, FTP menggunakan mode ASCII dalam transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, username, password, data yang di transfer, maupun perintah yang dikirim dapat di sniffing oleh orang dengan menggunakan protocol analyzer (sniffer). Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang
dikirim terlebih dahulu di enkripsi.

Umumnya , anda yang mempunyai hosting dapat mentransfer file dari komputer lokal anda ke hosting anda menggunakan ftp service, begitu pula sebaliknya.
Akan kami berikan contoh dari beberapa cara yang mudah :

Cara untuk FTP dari command prompt / dos prompt

Pertama tama, pilihlah sebuah direktori dimana file file yang akan anda upload berada.
mari kita coba asumsikan, bahwasaja  file file yang akan anda upload berada pada path direktori D:\localhost\web1> dan file yang akan anda upload bernama websitetemplate.zip

* Klik Start Menu –> Run
* Ketikkan : “cmd” atau bisa juga dengan mengetikkan “command” (tanpa
* Ketik pada command prompt : “ftp namadomain anda” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter.
* Anda akan ditanya username ftp nya, maka ketikkan username anda dan tekan enter.
* Setelah ditanya username ftp, maka anda akan ditanya untuk ftp password username ftp tadi. Masukkanlah password ftp anda dan tekan enter.
* Nah setelah anda masuk, maka harusnya sudah ada tulisan seperti : “230-User namauserftpanda has group access to: namauserftpanda” dan “230 OK. Current restricted directory is /”
* Setelah ada tulisan diatas, silahkan anda list direktori tersebut, dengan menggunakan command “DIR” dan tekan enter. ( keterangan : untuk windows, insensitive character , jadi tidak masalah apa anda ingin menggunakan huruf capital / tidak pada command )
* Normalnya, untuk upload ke published web folder pada hosting anda, biasanya kalau pada linux di taruh pada folder public_html , dan untuk windows pada folder httpdocs / httpsdocs. hal ini bergantung dari hosting anda memakai os apakah nantinya untuk hosting account nya.
* Pindah ke direktori yang dituju, dengan menggunakan command “CD” asumsikan anda ingin ke folder public_html, maka ketik “cd public_html” dan tekan enter
* Untuk memastikan apakah anda sudah berada pada direktori yang benar, ketik “PWD” dan tekan enter.
* Setelah pasti, taruh file yang akan anda upload ke folder saat ini, dengan cara mengetikkan “PUT (spasi) namafilenya” dan klik enter. dalam hal ini contoh dari asumsi yang ada : “PUT websitetemplate.zip”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: