Skip navigation

Cara setting hp smart

Sebelumnya install dulu Nokia PC suitenya, tinggal diklik next n I’agree n next n…. dll  udah baru kita setting koneksi internetnya. Sekedar memastikan aja, alangkah baiknya klo kita ngecek dulu, apakah HP yang kita pake support untuk dijadikan modem apa tidak, karena biasanya HP yang low end tidak support untuk dijadikan modem internet. Coba buka menu control panel -> Phone and Modem Options. Trus pilih tab ‘modems’, coba lihat apakah HP yang mau dipake masuk dalam daftar.
Ngecek modem HP
Di situ, HP yang saya pake Nokia 3155 masuk dalam daftar, berarti bisa dipake untuk modem internet. Tapi jangan sampe tertipu dengan software Nokia PC suite. Coba Anda lihat di Nokia PC suite, trus pilih ‘Connect to the internet’
Cek modem HP pake Nokia PC Suite
jika tidak muncul, pake yang lewat control panelnya windows aja. 2 cara untuk mengonfigurasi modem HP, bisa make Nokia PC suite ato pake Windows wizard (bawaan windows). Namun untuk tutorial kli ini kita make windows wizard, biar semua tipe HP bisa nyoba,
==> Konfigurasi modem HP
Oke, langsung aja bro! Buka control panel –> Network Connections. Trus pilih menu File -> New connection, trus klik next.
step 1
Langka ke-1, pilih ‘Connect to the Internet’, trus klik next
step 2

langkah ke-2, pilih ‘Set up my connection manually’
step 3
langkah ke-3, pilih ‘Connect using a dial up modem’
step 4
langkah ke-4, isi dengan nama koneksi. Pada contoh ini saya tuliskan ‘StarOne’
step 5
langkah ke-5, isi dengan dial numbernyastep 6
langkah ke-6, isi username n passwordnya ,untuk penyettingan yang jenis CDMA (StarOne, flexi, esia, smart dll) biasanya sudah cukup. Untuk yang pake GSM, kita masih perlu menyetting access pointnya. Langsung buka control panel –> Phone and Modem Options. Trus pilih tab Modems.
setting access point
Trus pilih modem HPnya (pilih yang terhubung saat ini, yang bagian ‘attached to’nya terisi, bukan yang ‘Not present’) n klik tombol ‘Properties’, maka akan muncul window baru (ex Nokia 3155 Modem properties). Pada windows baru yang muncul pilih tab ‘Advanced’, trus di field ‘Extra initialization comands’ masukkan data berikut:
AT+CGDCONT=1,"ip","[nama access point]"
atau
+CGDCONT=,,"[nama access point]"
contoh (IM3)
AT+CGDCONT=1,"ip","indosatgprs"
baru klik OK. (Tapi jangan tertipu ma tutorialnya yah! Inget, ini HP yang aq pake CDMA, jadi nggak perlu disetting access pointnya)
Untuk menyambungkannya, pilih Start -> Connect To -> [Nama koneksi/ISP Name], trus klik tombol ‘Dial’
dial
==> Ngecek pulsa
Alangkah sebaiknya kita jadi pelanggan yang ‘teliti’, biar nggak mudah ditipu orang . Yup, apalagi klo bukan ngecek pulsanya, bener nggak ya ma itungannya operator:-”.
Coba double click icon status koneksnya, misalkan yang keluar kayak gini
contoh status
klo kita pake hitungan per waktu, tinggal hitung aja 52 menit (dibulatkan ke atas) x 75 (tarif StarOne non ngorbit) = Rp. 3.900,-. Klo pake hitungan per data berarti harus dijumlahkan dulu antara bytes yang keluar dan yang masuk (total bytes), trus dikonversikan ke satuan kilo bytes (kB, karena hitungan tarifnya Rp. X/kB), baru dikalikan dengan tarifnya. Dari contoh di atas:
Total bytes –> 1.152.386 + 39.780.716 = 40.933.084 bytes = 39.974 kB
Total pengeluaran –> 39.974 * Rp. 1 (tarif StarOne) = Rp. 39.974,-
Ingat! 1 kB = 1024 B
Coba lihat bro! 3.900 dibandingkan 39.974, untung aq nggak pake hitungan per data, bisa2 pulsaQ jebol nih
Daftar konfigurasi operator:
1. StarOne – CDMA
no dial: #777
username: starone
password: indosat
untuk ganti ke tarif per data ketik Reg VOL ke 799
untuk ganti ke tarif per waktu ketik Reg TIME ke 799
2. Smart – CDMA
no dial: #777
username: smart
password: smart
3. NTS – GSM, 3G (UMTS) & GPRS
no dial: *99#
username: nts
password: natrindo
access point: ntswap
4. Mentari – GSM, 3G (WCDMA) & 3.5G (HSDPA)*
no dial: *99#
username: indosat –> untuk hitungan per data
indosat@durasi –> untuk hitungan per waktu
password: indosat –> untuk hitungan per data
indosat@durasi –> untuk hitungan per waktu
access point: indosat3g
5. IM3 – GSM
no dial: *99***1#
username: indosat
password: indosat
access point: indosatgprs
6. Telkomsel (flash) – GSM: GPRS, 3G, 3.5G
no dial: *99#
username: [kosong]
password: [kosong]
access point: flash
7. XL – GSM*
no dial: *99***1#
username: xlgprs
password: proxl
access point: http://www.xlgprs.net

* belum dicoba, hanya mendapatkan data dari call centernya
settingan di atas mungkin bisa saja berubah sewaktu2, silakan hubungi call centernya masing2. Settingan di atas, semuanya didapat dari menghubungi call centernya langsung

Anda masih bingung cara mengkoneksikan Internet lewat modem HP
A.Peralatan yang di perlukan:

  1. Sebuah HP yang support GPRS, dan sudah bisa koneksi dengan GPRS.
  2. Kartu telepon / sim card.
  3. Personal computer boleh juga laptop.
  4. Perangkat koneksi, dari HP ke PC. Boleh pakai kabel data, Bluetooth, atau IrDA (Infrared Data Adapter). Berikut dengan drivernya yang sudah diinstall. Pokoknya sudah bisa kirim-kiriman antara PC dan HP.
  5. Tancapkan hanphone yang sudah aktif gprsnya (pastikan kondisi on) dengan kabel data ke usb komputer anda. Bila file driver telah ada di komputer maka secara otomatis akan mendeteksi dengan sendiri. bila tidak lakukan penginstalan driver secara manual.

B.Setting Modem

Start >> control panel >> Phone and Modem Options>> akan muncul daftar modem yang udah terdeteksi oleh komputer beserta portnya bisa com2, com7 dst. Bila sudah ada berarti terdeteksi bila belum bisa di pastikan salah satu setingan belum lengkap, periksa kabel data dan hidupkan hanphone anda.

Untuk memastikan koneksi antara pc dengan hanphone secara manual, silahkan sorot nama modem anda lalu pilih properties, di tab general akan tertera nama modem hape anda, lalu pilih diagnostics lalu query modem, bila tertera success berarti komunikasi oke.
Silahkan lihat bagian tab advanced, lalu di bagian extra setting masukkan kode dibawah ini: – lalu ok.

C.Melakukan koneksi / membuat dial up:

  1. Buka Control Panel lagi,
  2. Pilih Network Connections,
  3. New Connection Wizard.
  4. Ikuti langkah-langkahnya dengan menekan Next…
  5. Untuk Connection Type, pilih Connect to the Internet
  6. Getting Ready, pilih Set up my connection manually
  7. Internet Connection, pilih Connect using a dial-up modem
  8. Pada connection name / isp name isikan nama terserah anda misal konekyuk (sebagai nama koneksi anda)
  9. Pada Phone number to dial, isikan *99***1# (lihat daftar di bawah untuk cdma berbeda)
  10. Pada dialog pengisian username dan password, sesuaikan dengan setting kartu anda. Jika menggunakan IM3, usernamenya gprs dan passwordnya im3 (lihat daftar di bawah. silahkan di sesuaikan sendiri.

semoga bermanfaat yah,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: