Skip navigation

  • virus flu babi memang cukup mematikan sama halnya dengan virus flu burung.

  • Meski di Indonesia belum pernah ditemukan kasus flu babi, namun siapapun wajib mewaspadainya. Berikut adalah beberapa cara mudah melindungi diri dari laju penyebaran virus tersebut.
  1. Seperti yang dilansir melalui Huffington Post, Senin (27/4/2009), yang pertama harus dilakukan adalah menjaga kebersihan tangan. Meski nampak terdengar lumrah, namun dengan mencuci tangan selama 20 detik setelah anda bepergian, nyatanya memang ampuh menahan penyebaran virus yang bisa masuk melalui tangan yang terkontaminasi dengan benda-benda,binatang atau disekeliling kalian.
  2. Hindari kontak dengan dengan orang-orang yang sedang tidak sehat. Begitu pula jika Anda sedang sakit sebaiknya beristirahat dan menjauh dari tempat-tempat keramaian. Hal ini akan mencegah Anda terinfeksi virus ataupun menginfeksi orang lain.
  3. Terakhir, kenai gejala penyakitnya dan segera berobat seandainya Anda menemukan tanda-tanda mengidap penyakit tersebut. Flu babi memiliki gejala mirip dengan flu pada umumnya seperti demam, sakit badan, sakit tengggorokan, batuk, berak bahkan muntah. – Sejauh ini, flu babi telah menjadi penyakit influenza yang lebih membahayakan dibandingkan dengan influenza musiman. Namun wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi terkena flu babi dibandingkan orang lain pada umumnya.
  4. Dr. Anne Schuchat dari Centers for Disease Control and Prevention (CDCP) US, mengatakan bahwa virus flu menambah lebih banyak risiko bagi kesehatan dan keselamatan ibu hamil dan janinnya.
  • “Kehamilan melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga sangat rentan bagi seorang ibu hamil mengalami pnemonia ketika terjangkit flu. Pada pandemik flu awal, infeksi oleh virus flu juga bisa meningkatkan risiko bayi lahir prematur, kata Schuchat seperti yang dikutip dari MSN, Rabu (20/5/2009).
  • Menurut data CDCP, pada awal penyebarannya ada sekira 20 wanita hamil di dunia yang diduga terjangkit virus H1N1. Namun jumlah itu kini melonjak tajam hingga 6.000 wanita hamil di seluruh dunia.
  • Wanita hamil penderita asma dan masalah kesehatan lain memang berisiko mengalami komplikasi kesehatan. Namun risiko yang disebabkan oleh virus flu lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan faktor penyebab lainnya.

One Comment

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: