Skip navigation

SETTING KOMPUTER

Untuk melakukan hubungan ke internet, diperlukan persyaratan teknis antara lain sebagai berikut:

Perangkat keras komputer :
. Prosesor minimum 486 DX, disarankan Pentium
. Ram minimum 8 Mb, disarankan 16 Mb
. modem kecepatan minimal 14.4 kbps, disarankan kecepatan yang lebih tinggi. SijiwaeNet        mendukung kecepatan modem 56 kbps dengan protokol V.90.
. saluran telepon, sebaiknya yang tidak menggunakan pengganda saluran (pairgain) atau pun WLL (telepon via radio). Pengganda saluran akan memperlambat kecepatan akses.

Perangkat lunak :
. Windows 3.1, 95 atau lebih. (tentunya dapat juga dipakai sistem operasi lain)
. Pada Windows telah diinstalasi ‘Dial up networking’ dan berfungsi dengan baik.
. Telah terpasang protokol TCP/IP pada windows.
. Software browser (untuk menjelajah internet). Bila belum punya dapat di download di sini (Internet Explorer, Netscape).

Cara instalasi komputer

Bila persyaratan tersebut diatas telah dipenuhi, maka anda siap melakukan instalasi komputer dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1.  Instalasi modem, bagaimana cara memasang modem agar dikenali oleh komputer anda.
2.  Seting dial up, mengatur modem agar dapat terkoneksi ke internet.
3.  Setting DNS.

SETTING MODEM

Langkah pertama untuk melakukan koneksi internet adalah menginstalasi modem. Modem merupakan perangkat perantara antara komputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider – penyedia jasa internet) anda.

1. Klik Start, pilih Settings,pilih Control Panel. Maka akan muncul window Control Panel.

2. Pada windows Control Panel, pilih icon Modem dan klik dua kali sehingga muncul window Instal New Modem (bagi yang pernah memasang modem sebelumnya makan akan tampil window Modem Properties. Bila anda ingin menambah driver modem baru, klik Add).

Windows dapat melakukan deteksi otomatis terhadap perangkat modem yang telah terpasang pada PC anda, tapi hal ini terbatas pada modem yang telah dikenali oleh Windows. Apabila anda memilih deteksi otomatis, maka kosongkan kotak Don’t detect my modem, lalu tekan Next.

Apabila anda memiliki modem jenis baru dan disertai file driver (dalam disket / CDROM), sebaiknya anda memilih deteksi manual sehingga dapat memanfaatkan feature terbaru dari modem tersebut (misal kemampuan support 56 kBps, fax, voice, dll). Untuk itu pilih kotak Don’t detect my modem, dan tekan Next.

3. Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia drivernya oleh Windows. Pilih type modem yang sesuai dengan modem anda, lalu tekan Next.

Apabila anda tidak memiliki file driver, maka anda dapat memilih type Standard Modem, misalnya dengan kecepatan 28800 bps, lalu tekan Next lalu anda dapat langsung menuju ke langkah 5.

Apabila anda memiliki file driver (disket / CDROM) yang disediakan pabrikan, maka pasang disket / CDROM tersebut, lalu tekan tombol Have Disk.

4. Pada menu selanjutnya muncul window Install From Disk. Masukkan disket / CDROM yang berisi file driver modem anda, pilih dirive yang sesuai (A:\ atau pilih CDROM, lokasi lain menggunakan menu Browse).

5. Apabila file driver berhasil di ambil, maka akan muncul window mengenai driver tersebut (pada contoh ini, driver modemnya V90 & K56Flex DATA-FAX-VOICE Modem, yang memiliki kemampuan s/d 56 kBps). Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu), selanjutnya tekan Next.

6. Setelah selesai, maka anda harus menentukan port komunikasi (COM) dimana modem tersebut terpasang. Sebagai contoh, dipilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut (kecuali dipakai untuk media lain). Kemudian tekan Next.

Pada tahap ini bila dilakukan dengan benar, maka modem akan terpasang pada PC anda. Klik Finish untuk mengakhiri setup modem Anda. Untuk melakuan koneksi internet, anda harus melakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet. Cara melakukan setting dial up dapat dilihat pada halaman ini.

Setelah selesai tahap ini, anda dapat melakukan

SETTING DIAL-UP

Setting dial up diperlukan untuk menentukan nomor telepon ISP yang akan di-dial oleh modem anda. Setiap kali akan menggunakan internet, anda harus melakukan hubungan dial up untuk membangun koneksi dengan ISP anda.

1. Klik dua kali icon My Computer untuk memunculkan window My Computer.

2. Klik dua kali icon Dial Up Networking. Setelah muncul window Dial up Networking, klik dua kali icon Make New Connection. Pada window Make New Connection, masukkan nama sijiwae pada kolom pertama untuk nama komputer yang akan di-dial dan pilih jenis modem yang telah diinstalasi. Tekan Next.

SijiwaeNet menggunakan nomor akses khusus yang tidak memerlukan kode area, karena itu kosongkan pada kolom area code. Ketik nomor telepon akses SijiwaeNet pada kolom nomor telepon, yaitu 0 809 8 9999, klik Next.

3. Setting koneksi selesai, klik Finish. Pada tahap ini anda telah berhasil melakukan setting dial up yang ditandai dengan keluarnya icon SijiwaeNet pada window Dial Up Networking.

Setelah selesai tahap ini, anda dapat melakukan

SETTING PROXY

Seting proxy server dapat dilakukan melalui aplikasi browser (baik Internet Explorer / IE maupun Netscape Navigator).

Untuk IE versi 5.O
1. Jalankan IE, klik  menu Tools, lalu pilih Internet Options. Maka akan muncul window Internet Options, pilih tab Connection sehingga muncul seperti dibawah.

Nggak bisa konek ?

Jika anda mengalami kesulitan mengakses Telkomnet Instan, jangan keburu menelpon atau mengirim surat. Silakan lakukan Pertolongan Pertama Pada Telkomnet-Instan (P3TI) :
Lakukan pengecekan step-by-step berikut :

1. Cek saluran telepon
Angkat telepon, dengarkan nada tone :

Apabila anda mendengar nanda nada tone (tuuuttt…) panjang tanpa terputus, berarti telepon anda baik dan anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Anda tidak mendengar nada sama sekali. Kemungkinan saluran telepon anda putus, baik putus di dalam rumah maupun di jaringan Telkom. Coba cek perkabelan di dalam rumah, atau cek pada kotak terminal pembagi (tempat persambungan antara jaringan Telkom dan jaringan dalam rumah). Apabila kerusakan ada di jaringan Telkom, laporkan ke 117.

Anda mendengar nada tone, tapi terputus-putus secara periodik. Kemungkinan anda (atau anggota keluarga lain) mengaktifkan layanan Fitur dari Telkom (misalnya Lacak / call forwarding). Tone seperti ini sebenarnya tidak masalah, tetapi anda harus merubah setting pada PC anda. Kalau anda tidak mau merubah setting, anda dapat me-nonaktifkan fitur ini pada saat akan menggunakan internet.

2. Coba dial ke 0809 8 9999
Setelah memastikan telepon anda baik dan mendapat tone yang sesuai, selanjutnya anda dapat mengecek panggilan. Angkat telepon, tekan nomor  0809 8 9999 lalu dengarkan nada jawab.

Apabila anda mendengar nada nada modem (tiiiiiittt…criiiiit..) panjang bersautan, berarti telepon anda telah bisa tersambung ke modem kami dan modem kami langsung menjawab secara otomatis (dengan mengeluarkan nada). Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Anda tidak mendengar nada sibuk (tut..tut..tut). Kemungkinan saluran telepon kami sedang sibuk, coba beberapa saat kemudian (diulangi).
Apabila tetap sibuk, maka kemungkinan nomer telepon yang anda gunakan di-blok untuk akses ke 0809 (baik dilakukan oleh Telkom mapun oleh kantor Anda, biasanya untk membatasi tagihan terutama akses ke layanan permium call). Coba hubungi ke bagian PBX kantor anda agar membuka akses ke 0809. Telkom Jateng dan DIY sendiri biasanya telah membuka seluruh nomor telepon di Jateng dan DIY, kecuali nomor-nomor tertentu (atas permintaan pelanggan).

3. Lakukan instalasi modem dan software (bila belum dilakukan)
Langkah untuk melakuakan settign pada PC dapat dilihat di sini.

4. Lakukan dial via komputer ke 0809 8 9999, menggunakan login dan password.

Begitu tombol  Connect ditekan, maka akan muncul
Status: Dialing …, lalu muncul
Verifying username and password …
Bila semuanya lancar, maka anda akan terkoneksi ke server kami dengan kecepatan tertentu.

Keluar Status: Dialing …, lalu muncul Error 680: There is no dial tone. Cek kembali ke langkah 1. Apabila tone ada tapi tetap muncul error diatas, maka kemungkinan bunyi tone berubah karena menggunakan fitur tertentu (misal nya Lacak). Non aktifkan fitur tersebut, atau lakukan setting sebagai berikut :

Klik Start–>Setting–>Control Panel. Pilih icon Modem.
Pada window Modem Properties, pilih General klik / pilih modem yang telah terinstall, lalu klik Properties.
Pada window Nama_modem_anda Modem Properties, pilih Connections tab, pada Call preferences hilangkan /kosongkan tanda pada pilihan Wait for dial tone before dialing. Dengan setting ini, maka modem anda akan melakuan dialing walaupun dial tone tidak terdengar.

Keluar Status: Dialing …, lalu muncul  Error 676: The line is busy. Saluran modem kami mungkin sedang sibuk, coba beberapa saat kemudian. Apabila saluran sibuk terus, cek kembali langkah 2. Pastikan juga bahwa nomor dial anda benar yaitu 0809 8 9999 (tidak pakai area code tambahan).

Keluar Status: Dialing …, lalu muncul  Error 678: The computer you are dialing in to is not answering. Seluruh modem kami seharusnya langsung merespon, namu tidak tertutup kemungkianan beberapa nomer sedang tidak bekerja dengan lancar. Cobalah lagi beberapa saat kemudian. Apabila kondisi tersebut berlangsung terus, cek kembali langkah 2. Pastikan juga bahwa nomor dial anda benar yaitu 0809 8 9999 (tidak pakai area code tambahan).

Keluar Status: Verifying …, lalu muncul  User logon : Enter your username… Cek lagi lebih teliti username dan password, semuanya menggunakan huruh kecil.

5. Sudah konek, tapi koneksinya sering putus atau lambat (dibawah 14.400 kbps).
Koneksi yang sering putus dapat terjadi karena kurang baiknya jaringan atau anda mengaktifkan fitur Nadasela. Karena internet merupakan komunikasi data, maka gangguan sedikit pada perkabelan akan dapat berpengaruh. Karena itu pastikan perkabeln dalam rumah anda bagus dan permanen.

Fitur Nadasela akan memberikan nada yang mengganggu pada saat modem sedang online. Karena itu sebaiknya anda me-nonaktifkan Fitur Nadasela pada saat akan melakukan koneksi internet. Setelah selesai menggunakan internet, anda dapat mengaktifkannya lagi.

Kecepatan koneksi modem sangat bergantung pada kualitas jaringan. Pada lokasi tertentu, Telkom menggunakan pengganda saluran (1 kabel digunakan untuk beberapa nomor sekaligus) atau radio untuk melayani permintaan pelanggan. Penggunaan jenis saluran alternatif ini akan memperlambat kecepatan koneksi.

6. Sudah konek dengan kecepatan yang bagus, tapi tidak bisa browsing kemana-mana.
Coba lakukan setting proxy dan DNS yang benar, lihat di sini .

7. Sudah bisa browsing, tapi mau bisa e-mail.
Lihat petunjuk pemilihan dan setting mail di sini.

2. Pada kotak Dial-up settings, pilih SijiwaeNet (pilihan ini seharusnya muncul bila anda telah membuat seting dial up modem sebelumnya). Kemudian tekan tombol Settings. Maka akan muncul window SijiwaeNet Settings seperti dibawah.

3. Perhatikan pada kotak Proxy Server. Pada Use a proxy server, kotak pilihan dikosongkan (tidak diberi tanda). Artinya, kita memberikan seting agar browser tidak usah menggunakan proxy. Hal ini dilakukan karena untuk akses lewat SijiwaeNet, seluruh pengguna telah diset agar secara otomatis agar menggunakan proxy Telkom secara default, sehingga tidak perlu dilakukan seting.

Jangan lupa klik tombol OK. Maka seting proxy telah selesai.

Sekedar catatan.

Apa itu proxy ?

Proxy server merupakan server yang digunakan untuk menyimpan data web yang pernah diakses oleh pengguna. Manfaat dari proxy server adalah untuk mempercepat akses ke situs web.

Beberapa pengguna internet biasanya pernah mengakses situs informasi  yang sama. Sebagai contoh, setiap pengguna selalu mengakses suatu situs, misalnya Yahoo!.

Tanpa proxy, setiap pengguna harus melakukan akses langsung ke server Yahoo! di Amerika, pada informasi yang diambil sama.

Dengan adanya proxy server, pengakses yang akan melihat halaman Yahoo! tidak perlu harus selalu mengakses secara langsung ke server tersebut (yang letaknya di Amerika), tetapi cukup melihat pada cache proxy server setempat (di Indonesia).

Bagaimana informasi suatu web disimpan di proxy ?
Begitu salah seorang pengguna mengakses suatu situs, halaman situs tersebut akan secara otomatis tersimpan pada proxy server TelkomNet. Dengan demikian pengguna lain yang akan mengases situs yang sama tidak perlu harus melakukan akses langsung, cukup mengambilnya dari proxy server lokal.

*SETTING DNS

Fungsi dari setting DNS adalah untuk menentukan alamat IP server yang berfungsi sebagai Domain Name Server (server ini bertugas menerjemahkan alamat domain yang anda tuju). Setting ini sebaiknya anda lakukan, walaupun bukan merupakan kerharusan karena SijiwaeNet akan secara otomatis menentukan DNS server.
1. Klik dua kali icon My Computer, lalu klik dua kali icon Dial Up Networking

2. Klik kanan icon SijiwaeNet yang sudah dibuat sebelumnya, pilih Properties

3. Setelah keluar window SijiwaeNet, klik pada Server Types Tab. Perhatikan setting pada Advanced Options, lakukan seperti terlihat pada gambar.

4. Klik tombol TCP/IP Settings. Klik pada Specify name server address, lalu isikan sebagai berikut :
Masukkan Primary DNS : 202.134.0.155
Secondary DNS : 202.134.2.5

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: